Sunday, August 10, 2008

Nunggu 'Dibeli' Pak?

Potongan-potongan daging sapi itu dicelupkan ke dalam secangkir minyak sayur, sejenak kemudian diangkat lagi lalu diletakkan berjejer di tungku yang penuh kumpulan arang memerah.
Penjual sate padang di depanku mulai membelah ketupat seukuran telapak tangannya, memotong dadu di atas piring milik pembeli di sebelahku.
“Yang satu nggak pake ketupat ya Pak….” ujar si embak.
“Yang satu ketupatnya dua, kan?” tanya si bapak penjual sate. Mendengar si bapak bicara aku teringat gaya bicara seorang teman yang baru kujumpai sekitar lima jam sebelum aku berdiri mengantri sate.
Padang!

Iyalah, masa penjual sate padang orang Madura?
Hm... bisa jadi logat itu dibuat-buat untuk meyakinkan pembeli.

Si bapak menyiram kotak-kotak ketupat dan sate yang sudah dibakar dengan bumbu kental coklat kemerahan. Selesai, mbak di sebelahku pun pergi. Si bapak mulai mengipas-ngipas sate pesananku.

Demi menjawab keraguanku tentang keaslian logat si Bapak, aku pun bertanya basa-basi, “Bapak orang Padang, ya?”
Si bapak yang dari tadi cemberut langsung menjawab, capet, “Iya Mbak.”

“Sukunya apa Pak?” tanyaku ragu-ragu, takut si bapak lagi badmood. Maksudku kali ini sih, sedikit ngetes pengetahuan si bapak.
*Padahal kalaupun si bapak menyebutkan juga aku nggak tau suku-suku di Minang ada apa aja*
“Saya Kotto,” jawab si bapak. *maaf kalo salah tulis*
Aku diam. Tak bereaksi… karena… iyaa… nggak tahu!

“Pariaman.” lanjut si bapak menjawab muka begoku.
Baru aku bisa ber oo panjang, “Oooooo… Pariaman….”
“Iya, jadi Mbak… di Pariaman itu ada macam-macam, ada suku… bla bla bla… nah saya itu masuk yang… blablabla…” *maaf sudah lupa* Si bapak yang tadinya cemberut jadi semangat menjelaskan.

Di otakku Pariaman itu… temanku, perempuan, yang orang tuanya mengeluarkan uang sekitar lima puluh juta rupiah untuk ‘membeli’ calon suami temanku, *laki-laki*. Bukannya segera menikah setelah uang itu diserahkan, si calon suami malah selingkuh dengan perempuan lain, dan temanku itu setelah satu tahun menunggu, baru tahu kelakuan calon suaminya. Ia minta balik ‘pemberiannya’, tapi laki-laki itu memilih untuk menikahinya saja dengan melepas sementara selingkuhannya itu. Mereka Pariaman.

Teringat juga temanku, laki-laki, yang ‘diminati’ orang tua dari seorang perempuan, tapi dia nggak pernah tau ujud si anak perempuan itu. Namun, si ibu perempuan itu menanyakan ke ibu temanku, dan ibu temanku itu menolak. Temanku yang laki-laki ini sempat menyesal dengan keputusan ibunya yang menurutnya terlalu terburu-buru, karena kabar dari saudara-saudaranya, si anak perempuan ini cantik.
Nggak usah tanya ‘sebagus’ apa temanku itu sampai ada ibu-ibu yang mau membeli dia untuk anaknya.
*Ibu itu pasti sedang meracau efek sebotol JackD*

Bek tu si bapak.
Dengan pengetahuanku yang minim itu aku ingin bertanya lebih lanjut, tapi.. ada kekuatiran, dan...

“Di suku Pariaman itu kalo menikah perempuannya harus membeli lakinya ya, Pak?” aku bertanya juga.
“Iya Mbak, bener.” Si bapak menghentikan kalimatnya.
“yaah, itu enak buat laki-laki yang sukses Mbak, pendidikan tinggi... karyawan kantoran... punya jabatan... kalo penjual sate seperti saya ini siapa yang mau beli…” lanjut si bapak.
*Oops*
“Tapi bapak sekarang udah punya keluarga, kan?” tanyaku dengan senyum lebar.
“Belom Mbak,*oops again..* saya nunggu dilamar, tapi siapa yang mau 'beli' saya, penjual sate, nggak jelas penghasilannya begini…. Perempuan juga mikir lah Mbak, beli laki' kok kayak saya….”
*serasa ditampar*

“Kenapa Bapak nggak menikah sama perempuan di luar Pariaman aja?” tanyaku dengan maksud, ‘Apa nggak boleh, Pak?’

Tiba-tiba si bapak diam, lalu menjawab, “Ya, beda adat nggak nyaman, Mbak…” Dahinya langsung berkerut. *weks, salah lagi niih…*

Si bapak menyerahkan sebungkus sate padang ke arahku. Aku reflek mengulurkan uang yang sedari tadi kugenggam. Si bapak menerimanya, aku berterima kasih sambil tersenyum basa-basi *si bapak cuek* lalu melangkah pergi.

Pariaman, matrilineal…
Adat? Nggak nyaman?

Semoga lain waktu si bapak mau menjelaskan.
*Maafkan saya Pak*

10 comments:

Anonymous said...

Jual sate padang atau jual diri sich ??? binggung gue.... :)).

Pakek acara gak nyaman,......emang Kond** ??????

hiks.....???@#$#%@#

Ardian said...

Bener aja sih, kalo buat orang yang sudah lama tinggal di Jakarta dengan budaya asli yang sudah ilang, ketidaknyamanan memang udah gak ada kalo nikah antar suku.

Tapi coba lihat di Yogya, di Makassar, di Tapanuli. Itu masih terasa kok.

Anonymous said...

memang beda adat itu bikin ga nyaman, karna harus ada penyesuaian. mungkin itu maksud si bapak...

Lely said...

Yang jelas, kalo gw jadi 'kang satenya, gw mah udah yang sepet aje nanggepin pertanyaan lo nis. Rasanya seperti membuka luka sang abang sate, tsaaahh... Hahahahhh...

Toni Blog said...

yang penting bisa saling menghargai aja :)

Anonymous said...

waah....! klo ini masalah suku, jadi inget temenku, padang juga niis.. lo mo beli ga..? kali aja dia mah murah, bisa tuker sama rokok aja 1 slop hehe2x... tp rokonya buat gua!



zp

Anonymous said...

Klo ngomongin soal adat emang kadang² g' abis pikir, bikin dahi berkerinyit.., tp itu biasanya karna mereka2 yg gak paham betul permasalahannya..ujung²nya terjadi miss-persepsi...*sok paham & sok sriuss gini gw;))....
klo mau tau lebih banyak soal 'Uang Japuik (jemput)' coba ke sini
http://gustiramli.com/content/view/33/28/lang,in/

hmmm..tp emang sih kenyataan skrg adat/tradisi udah banyak yg mlenceng dari prinsip dasarnya..,namanya juga manusia....
tapi tenang aja nish..,gw lebih fair kok..bayarnya bisa sesuai kebutuhan..bisa per-jam:))...da ahh...
mending bahas satenya..enak ga'??..,di bdg ada sate padang yg enak nish..pasti loe doyan..danging lidahnya itu bo'..ummmh..*lendir mode on....kkkkkk...

Anonymous said...

caranya supaya bisa ada read more-nya gimana yah? (*sambil garuk-garuk kepala)

keep post...

Nish said...

Agus... gw yang ngajari orang depan lo duduk tuh...:p

Anonymous said...

"Desa mawa cara, negara mawa tata"
kita hidup di negara yg punya keberagaman budaya, jd, adat-istiadat jg beda2... :p

in