Tuesday, August 26, 2008

Panduan Membunuh Diri

Ziing.. ziiing... rambutku dikeringkan oleh seorang capster. Di depanku duduk seorang perempuan si pemilik salon sedang bercerita tentang mamanya yang membiarkan ia membentuk rambutnya sesuka hati dari kecil. Ia bercerita juga tentang adat pesta yang digemari keluarganya. Mengulik sedikit tentang mama papanya yang tinggal berbeda negara. Mama di Indonesia dan papanya di Portland. Ia terus bercerita sambil mengisap dan mengembuskan asap rokok di selipan dua jarinya.
“Udah cukup... jangan terlalu kering!” perintah si embak ke capster-nya.
Si stylist berdiri dan mengambil alih posisinya. Sekarang ia di belakangku, kami berdua pun lalu menghadap ke cermin. Ia masih dengan ceritanya.
Setelah itu,

“Liat ini!” Perempuan itu menuding nadi di pergelangan tangan kirinya.
Aku yang semula cuma melirik apa yang ia tunjukkan, begitu melihat ada yang beda, langsung menekatkan pandangan. Pembuluh nadinya sedikit menonjol dan berbelok.

“Ini udah tujuh kali gw potong, dan gw ga mati!” Si Stylist kembali mengisap dalam-dalam sebatang sigaret di selipan jarinya. *Set dah!*
“Gw uda nyoba macem-macem cara, yang gw masukin mulut.... Gw minum Baygon campur Superpell, hehe soalnya gw kan ga suka bau Baygon ya Bo… Itu juga ga mati.” Ia tertawa kecil. Aku pun tersenyum, kagum. Hebat juga mau bunuh diri masi mikir bau, suka ga suka.
“Gw minum obat panas gw abisin yang dikasi dokter tu, juga ga mati. Trus gw kan dulu ngdrugs ampe badan gw tuh beratnya Cuma empatpuluh kilo... *tulang? yup* Itu obat xxx gw minum sepuluh butir ada kali ya... Gw ga mati juga. Masuk ICU doang berkali-kali gw... tapi ga mati-mati. Selalu aja ada yang nyelametin gw...” Ia melanjutkan masih dengan senyum dan menggeleng-geleng.
*What the hell is this??!*
Aku terpaku menatap si stylist yang bercerita sambil memainkan rambutku. Satu tangan memegang sisir dan tetap menjepit sebatang LuckyStrike Menthol.

“Makanya, saran gw, elo Nish, kalo mau bunuh diri, mending langsung aja loncat dari atas gedung yang tinggi sekalian.” Perempuan itu berkata dengan tertawa-tawa. Aku cuma tersenyum bingung. Lalu aku mengamati mukaku di cermin. Emang aku ada tampang mau bunuh diri yah? *Belom kawin nih Mbak**

“Loh, kenapa Mbak ga loncat aja?” tanyaku.
“Gw takut ketinggian... Jadi belom nyampe atas udah takut duluan, batal de....” Si stylist terkekeh. Aku mengernyit dahi.
Emang masih ada yah rasa takut saat orang uda mau bunuh diri?

“Emang kenapa sih Mbak, pengen bunuh diri mulu?” Ragu-ragu aku menanyakan ini. Kuatir si embak nggak nyaman juga, tapi aku pengen tau.
“Sekarang lo liat gw... cantik kan gw?” Aku mengangguk.
Narsis juga ni Mbak...

“Gw tuh ngga minta dilahirkan cantik begini! Kalo gw bisa operasi plastik ganti muka, gw ganti de ni muka….Bener!” Si Stylist berapi-api. Lalu mengisap cigaretnya. Aku yang diam ini lalu diongengi tentang sexual abusive yang dialaminya sejak taman kanak-kanak, umur lima tahun, dengan muka datar. Digrepe, dicium dengan nafsu sama keluarga sendiri dan sebagainya, yang membuatku bergidik.

“Cowok mana yang nggak suka, bibir gw merah begini.” Si Stylist menunjuk bibirnya sembari menyalakan satu batang lagi sigaret baru. Lalu tersenyum, manis banget.

Hampir tanpa cacat. Muka tirus, kulit putih, idung lancip, mata cokelat dan senyum membentuk lesung pipit. Giginya putih rapi, bibir sedikit tebal berwarna merah jambu, padahal dia merokok sejak kelas tiga sekolah dasar. Rambut pendek bergaya cowok berwarna cokelat terang dengan hilight kuning. Kacamata membingkai mukanya membuat ia terlihat smart.

“But it was ya, Bo... Sekarang, gw punya suami yang sayang sama gw. Anak gw yang pertama udah kelas lima SD. Maklum ya, yang itu pernikahan dini…” Si Stylist tertawa-tawa. Dari suami pertamanya yang nggak bisa membuatnya bertahan.
“Yang kedua ini Kiara baru satu tahun…” Si Stylist lalu memanggil anaknya.

“Well, Gw bersyukur banget bisa seperti sekarang, kembali dekat dengan tuhan, thanx god, ternyata gw masih diberi kesempatan buat nemuin kebahagiaan, punya suami, punya anak-anak.…” Si Stylist mulai mengecat rambutku. Segenggam segenggam.

Aku pun bersyukur bisa ketemu seorang pemilik salon yang berjuang mati-matian *dalam arti mati-idup:D* menjalani hidup yang nggak mudah bagi siapapun. Setidaknya membuatku tau, ada yang baik dari yang buruk.

15 comments:

Anonymous said...

yeah....kali ini gw setuju
idup itu gak gampang dan gak susah...tergantung manusianya...mau ngejalanin kaya gimana...

masi bagus sih bunuh diri, gak ngrepotin orang, coba kalo bunuh orang laen...hahahha

Anonymous said...

yup...! seep menk setujulah...kalo hidup itu ga mudah ga susah... gimna ngejalaninya ya ga..?? "ga" bego lo..heheh...intinya sesuatu keburukan blom tentu hasilnya buruk kan..? dan kebaikan belom tentu baik...! halah..

epaz

Anonymous said...

Hidup itu gak lebih seperti permainan Games, Role Playing Games (RPG) games tepatnya.

Sang sutradara mendesain game hingga sang gamer bs ke level dimana sebuah cerita utuh di perankan.

Sekarang terserah gamernya, dia mau menyerah(game over) di level mana.

Hidup juga spt itu. Sekarang kita mo menyerah di level mana ?? atau di ketaun berapa ?? di masalah yang mana ??

Setiap kesulitan di masing-masing level pasti ada hikmah tertentu. yang akan kita bawa ke level berikutnya. Dan itu proses yang harus dijalani.

Sekarang di games, ada Cheat, dikehidupan ini ada cheat gak ?? bisa jadi !!! yang punya spt itu hanya orang2 yang dihendaki tuhan melalui mukjijatnya.

/* kebanyakan main games nich gw, jadi ngantuk @#$@^%$@#%@%$@%$@&*%*( */

Anonymous said...

Hidup adalah perbuatan.. lho!..malah kampanye..*ga asik.., Hidup adalah kejutan.., kenapa terkejut? karna kita hidup, apa yg membuat terkejut? karna ada sesuatu yg ngak kita tau sebelumnya..*opo too..., ga nyambung yaaaaa..bodo ah..hihi...ajarin nulis dong coy:p

Lely said...

Emang cakep si mbak stylist yang satu itu. Mana pula jalan idupny (plus keluarganya jugaa!) berliku abis. Kontras bnget sama gift yang udh dikasih sama Dia.

Akhir sept gw mo potong lagi nih kayakny. Mo ikut? *mlenceng

Anonymous said...

cerita ringan tp berbobot berat... yaahhh gw si bersedia aja bunuh tu mbak2 :D hehehehe... kangen juga, da lama ga nge bunuh orang... hehehe...

coba ada foto mbak2nya... heuheu... gw mau liat... secakep apa y? hehehe...

Anonymous said...

halo perempuan ber-raket listrik... wkakakakakak

Anonymous said...

apa dia itu salah satu tokoh heroes yang belum tampil di serial itu ya?

eCHo CoLaTE said...

blogngesotting.....

hehhehe...mampir nih kak ninis.

hidup itu punya berbagai macam sisi. sebenarnya bukan hanya 2 sisi kalo aq rasa

Jobove - Reus said...

very good blog congratulations
regard from Reus Catalonia
thank you

hendri said...

wew..pedih banget nasibnya.. ternyata bukan cuma gw yang susah dalam hodup ini

wildanmusthofa said...

Mampir ah baca-baca..hehe mampir balik ya..

penulis basi said...

good writter keren.....

west said...

arek iki to...tangganku gatel..suwi gak nyites awakmu

Unknown said...

benernya baygon cepet reaksinya, tapi kalo nggak suka baunya pake infus aja, kalo masih bau selangnya diolor yang panjang