Tuesday, August 5, 2008

Menjadi Jamban

Aku melirik jam dinding Batman di kamarku. 21.00.
Ini malam, dan dia baru datang.
*Dia temanku yang kukenal sambil lalu karena aku tersenyum padanya saat berbarengan berangkat kerja suatu pagi, lalu menyapa, ngobrol sedikit, dan sekarang dia di sini, di kamar kosku*
Setelah ngobrol basa-basi sesaat baru aku bisa memastikan dia butuh teman buat jadi jamban. *lebih nista dari keranjang sampah*


“Gue tendang-tendang gini cowok gue.”
Wohoho… ia mengangkat kakinya memperagakan caranya nendang.
“Gue teriak-teriak kenceng banget, nggak ada yang denger!” Ia berkata sambil mendelik, meyakinkanku.
“Aneh kan?”

“Terus gue digampar, pluaak!” Ia menampar pipinya sendiri.
“Gue langsung lemes! Nggak bisa apa-apa. Rasanya periih banget, mata gue sampe mendadak rabun. Trus, dagu gue dinaikin sambil dicekek gini.” Ia memperagakan dengan mata melotot, meyakinkanku.
*Hii serem, ingat film hantu*
“Ah, udalah pasrah aja daripada nglawan malah mati,” ujarnya enteng.

Ditampar, mungkin ini yang kurang di hidupku, tapi mendengarnya saja rahangku sudah ngilu. Dia terus bercerita, sementara aku melihatnya dengan perasaan miris dan muka kuusahakan, tenang. Aku cuma bisa tersenyum dan menggeleng-geleng. Takjub. Membayangkan kepalan tangan seorang TNI *yang suka megang gunting rumput besar buat motong rumput selapangan tembak* menampar perempuan kurus di depanku.

Laki-laki TNI itu calon suami yang dipilihkan orangtuanya, dan tidak jadi menikah karena laki-laki itu harus bertanggung jawab ke perempuan lain, hamil.

“Trus orangtua lo nggak tau?” tanyaku dengan nada suara kuatur.
“Akhirnya gue crita, mama nangis… gue pikir mama insap,”
*Oops… Ok, what else?*
“Eee malah gue yang ditampar sama mama. Gini katanya, ‘Bodoh banget jadi perempuan nggak bisa jaga diri! Nggak punya otak! Mau jadi apa kamu sekarang?!’ Plak! Mama tuh nangis tapi bisa nampar. Ya gue tinggal pergi aja, aahh, mama tidur sama cowoknya di rumah pas papa nggak ada gue diem aja.”
Ia menjelaskan dengan kesal.

Jadi mamanya selingkuh, dan temanku ini pernah nge-gap mamanya lagi cipokan sama cowok itu. Mamanya yang nggak nyadar kedatangan anaknya, langsung kaget ngeliat temanku itu udah berdiri menatapnya.
“Loh, kok udah pulang?” kata sang mama. *Di otakku mamanya berkata sambil membenahi baju *
“Ya, gue bisa balik lagi kok nginep di rumah temen,” jawab temanku itu. Lalu ia pergi.
Hmm… bisa nggak sih adegannya diganti? Pikirku. Standar sinetron banget. Tapi, ini bukan adegan sinetron, karena sinetron nggak mungkin melibatkan TNI.

24.30 temanku pamit pulang.
Dia pergi dengan senyum lebar, mungkin lega.
Aku, sesak napas. Baru bisa tidur jam tiga pagi. Ngantor, telat.
Nasib jamban.

17 comments:

Anonymous said...

Wiww..,miris juga gw bayanginnya..,really nice post beib...thumbs up!;)

Lely said...

Kenapa gw ikut deg2an y bacanya?
Btw, cieeehhh... yg mule rajin ngeblog, fufufuuu...
Sng deh, gw ditny opini dulu sblm di publish.
Itung2 liat opini publik dulu ya nis :D
Tp lucu juga y, gw jd ikut2an ngedit tulisan lo gt (itung2 gw latihan jd penulis yg g kreatif, hehehehh...)

Etnik Unik Cantik said...

ooooowwwww..jadi itu yg kalian bicarakan malam2?..dari kamar sebelah kok trdengar sprti sedang bercerita hal lucu n bikin happy? soale yg nyampe cuma suara derai tawa...ups maap klo salah memaknai tawa itu..turut prihatin buat temenmu ya Nis..

Anonymous said...

woow keren nih cerita kaya beneran..asli apa lagi pastau ending ceritanya yang jadi jamban itu ternya ta lo niis... dan menurut gua itu emang lo banget lo emang jamban banget deh gua setuju..ini baru cerita asli... real hehe2x..

Anonymous said...

Nih crita asli bkn sih, kl cmn karangan nih crita bagus banget.

Anonymous said...

ayo...para jamban, gabung! ;p
Nish,gw ngikut ngangkat jempol dey...
SEMANGAAAAT!

Anonymous said...

...mau maunya jadi jamban, he he he ..., sedih sih tp bener apa gak bener, jgn yg gak bener di bener benerin... apaan sih...

Anonymous said...

horeeee... akhirnya jambannya ngmong..hehe2x lanjutin yah niis..
kereen..!

Anonymous said...

halo Nish met kenal ya :)
sedih banget nasib temennya, sekali-kali jadi jamban gapapa kan, demi temen sendiri.

Anonymous said...

re: ya ampuunn... kalo gitu, gw bisa disebut jambannya ninish donk? hiks, malangnya nasibku :)

Anonymous said...

huhu.. masih ada juga yang suka berlaku kasar..kasian tu temennya Nish..
jadi jamban?liat dari sisi positif Nish.. dirimu bisa dipercaya,jadinya orang nyaman cerita sama Nish.. :)

Anonymous said...

re: nish, perasaan kalo gw lagi bareng elo, justru yg jambannya itu gw deh. penuh cerita ceria, airmata, dan depresi.hehee... (berlebihan):)

Anonymous said...

jamban!
mulia sekali. sebab seringakali hanya melihat yang penting selalu yang depan, yang bagus. sedangkan bagian belakang dan kotor dianggap sebelah mata.

Ardian said...

belum terlalu tragis, karena pengalamannya hanya bikin dia cari jamban. Sebagai editor, Nish bisa bikin yg lebih tragis. Kan ini mimbar bebas, Nish.

Nish said...

Mas Ardian,
hehe..Iya, harusnya aq bisa mengabaikan rasa g tega saat nulis, tp ini biar g pake nama,ada org yg kenal ma dy c :(
thxu

Anonymous said...

saia mau jadi ember aja

Tjik said...

Peran ember atau jamban sama menariknya...hehehe. Sekali waktu jd ember lain waktu jd jamban, biar seimbang. Toh, hanya sekedar peran. Selamat menikmati peran barunya nOn..